News Update :

5 Danau Terluas di Indonesia

Danau yang indah dan mempesona adalah daya tarik turis domestik maupun mancanegara.Salah satu danau yang paling tersohor di Indonesia adalah Danau Toba.Danau toba merupakan danau vulkanik dan merupakan danau terluas di Indonesia bahkan di Asia Tenggara,terletak di Provinsi Sumatera Utara . Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang luar biasa,selain danau toba masih ada terdapat beberapa danau yang menjadi tujuan wisata banyak orang seperti danau Towuti di Sulawesi Tengah dan lainnya.Berikut 5 danau Terluas di Indonesia

1. Danau Toba
Danau Toba
Danau toba merupakan danau paling luas di Indonesia dengan panjang 100 km dan lebar 30 km dengan total luas danau toba adalah 107.216 ha.Danau ini diperkirakan terbentuk akibat letusan gunung merapi yang sangat dahsyat sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu.Di tengah-tengah danau toba terdapat pulau yang dinamakan Pulau Samosir.Pada hari hari tertentu danau Toba sangat ramai di kunjungi orang dari berbagai daerah di Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang tiada duanya di dunia.Selain orang Indonesia bule juga tidak ketinggalan untuk menyaksikan secara langsung keindahan danau Toba.

2. Danau Towuti-Sulawesi Tengah
Danau
Danau Towuti terletak di Sulawesi Tengah memiliki luas 59.840 ha.Danau Towuti merupakan danau tektonik yang kaya dengan keanekaragaman jenis ikan yang terdapat di dalamnya.Selain daerah tujuan wisata danau Towuti juga digunakan untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).


3. Danau Sentani-Papua
Danau Sentani
Danau Sentai terletak di bumi cendrawasih Papua memiliki luas 34.375 ha.Meskipun danau Sentani tidak terlalu dikenal banyak orang namun keindahan danau Sentani cukup membuat kita betah berlama-lama disana.Danau terluas di Jaya Pura ini adalah danau vulkanik,sumber airnya berasal dari beberapa sungai.Disekitar danau sentani terdapat 24 kampung.Tersebar dipesisir dan pulau-pulau kecil yang ada ditengah danau.

4.`Danau Poso-Sulawesi Tengah
Danau Poso
Selain danau Towuti,danau Poso juga terletak di Sulawesi Tengah,luas danau ini adalah 34.280 ha.Panjang 32 km dan lebar 16 km.Menurut pengakuan seseorang yang mengaku tinggal di daerah Danau Poso,danau Poso memiliki kekayaan ikan yang luar biasa.Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan ikan sekantung plastik besar di danau yang memiliki panorama indah ini.Tetapi itu dulu ,sekarang ikan-ikan di danau Poso sudah langka atau mungkin punah,untuk mendapatkan ikan seekor saja sangat sulit.Mungkinkah kepunahan ikan-ikan itu akibat ulah manusia ? entahlah.


5. Danau Matana-Sulawesi Selatan
Danau Matana
Danau Matana adalah danau terdalam di Indonesia terletak di Sulawesi Selatan.Kedalaman danau Matana mencapai 590 meter dengan luas 16.640 ha.Danau Matano di kenal dengan kekayaan flora dan fauna endemik yang masih terjaga dengan baik.
Share this Article on :

0 comments:

Posting Komentar

 

© Copyright TipsUnik.com 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.